Bergabunglah sekarang :

Cara : Masukan email anda,kemudian konfirmasi dengan klik link yang dikirim sistem ke email anda... Setelah berhasil, mulailah mendapat informasi up to date setiap hari GRATISSS.....

Bergabunglah dengan 19.387 orang lainnya....

Langkah 3 : Cara Verifikasi Blog Ke Webmaster Tools Dan Submit Situs Ke Web Penting

Langkah 3 : Verifikasi Blog Ke Berbagai Webmaster Tools



Webmaster adalah situs berupa mesin pencari yang akan kita gunakan sebagai tempat untuk menyimpan atau mengalokasikan situs kita dengan tujuan agar webmaster tersebut dapat mengindeks artikel kita dan menampilkannya di hasil pencarian jika ada keyword yang sesuai dengan judul atau isi artikel yang kita buat. Webmaster Tools adalah situs yang menyediakan berbagai alat untuk mengoptimasi Blog/Website kita di hasil pencarian. Tampil di halaman pencarian adalah impian dari semua blogger yang memang serius melakukan kegiatan blog sebagai bahan pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan sampingan atau bahkan menjadi hasil utama.



Saat ini, ada banyak mesin pencari dari berbagai penjuru dunia dan ada beberapa yang paling populer adalahGoogle,Bing,Yahoo,Yandex dan masih banyak lagi. Namun untuk mengambil posisi di hasil pencarian di mesin pencari tersebut tidaklah mudah, kita tidak cukup berdiam diri dan mendapatkan hasil yang baik. Namun kita harus melakukan sesuatu yaitu Verifikasi Blog Ke Webmaster Mesin Pencari.


Dari beberapa mesin pencari yang saya maksud diatas, Yang cukup anda lakukan verifikasi adalah Google dan Bing. Karena Yahoo akan otomatis mengindex blog kita apa bila sudah di verifikasi ke Bing dan Yandex secara otomatis akan mengindex artikel kita meski kita tak melakukan apa-apapun.



Baiklah, Berhubung verifikasi itu sangat penting untuk kesuksesan blog kita, maka disini akan kita bahas cara verifikasi blog kita ke masing-masing search engine yang dimaksud yaitu Google dan Bing. Disini akan saya jelaskan satu persatu dan hanya sekilas saja.





Cara Verifikasi Blog Ke Google Webmaster

Yang paling utama dan yang paling penting adalah verifikasi ke Google Webmaster karena search engine ini yang paling banyak di gunakan dan paling banyak di kenal di mata dunia sehingga saya anggap Verifikasi blog ke google adalah yang paling utama.



Verifikasi blog ke google bagi anda yang membuat blog di blogger.com tidak penting lagi karena akan secara otomatis akan di index oleh google webmaster karena blogger sendiri adalah milik google. Namun bagaimana jika blog anda di buat di wordpress? Bagaimana juga jika blog anda bukan melalui blogger.com atau blog anda self hosted? Maka anda perlu verifikasi secara manual, untuk itulah artikel ini saya buat, Nah dalam langkah-langkah yang akan saya buat di bawah ini tidak akan sedetail mungkin dan hanya akan sekilas, Jika anda ingin yang lebih lengkap dan baik, silahkan baca dalam artikel terkhusus di Cara Verifikasi Blog Ke Google Webmaster.



Cara Verifikasi Blog Ke Google Webmasters



*. Silahkan Buka akun email gmail anda.


Note : Harus akun gmail karena gmail milik google dan memang sudah terhubung dengan google webmaster



*. Setelah login berhasil, silahkan buka alamat verifikasi google, Alamatnya adalah www.google.com/webmasters/verification .Kemudian klik Kelola Situs
Google Webmasters



*. Kemudian akan tampil halaman baru, Silahkan klik Tambahkan Properti
Google Webmasters


*. Kemudian akan terbuka Halaman seperti gambar dibawah ini!
Google Webmasters
Silahkan masukkan url situs yang akan anda daftarkan ke google webmasters, lengkap dengan http:// , setelah anda tulis url situs anda, silahkan klik Terus atau Next.


*. Setelah itu, anda akan di hadapkan ke beberapa metode untuk verifikasi, Silahkan Kalian Klik Dengan Metode Alternatif.


Setelah itu akan ada beberapa pilihan metode verifikasi lagi, Silahkan anda pilih tag kode html.
Maka akan terbuka halaman baru yang menampilkan sebuah kode html di textarea. Biasanya Tag Html nya seperti berikut!



Silahkan copy kode html yang ada di textarea tersebut. Kemudian buka tab baru di browser anda, Kemudian buka Panel situs Blog anda.


*. Nah, pada menu template situs anda atau pada file index/home(Jika self hosted), Silahkan edit file home/index situs anda, kemudian cari tag <head> , silahkan masukkan tag html yang anda copy tadi tepat di bawahnya! Kemudian simpan.



*. Setelah anda simpan, silahkan kembali ke tab halaman pengambilan tag verifikasi tadi, kemudian klik verify. Dan selamat anda berhasil memverifikasi blog anda ke google webmasters.





Cara Verifikasi Blog Ke Bing Webmaster

Setelah google webmaster, verifikasi yang tidak kalah penting adalah verifikasi blog ke bing webmaster karena verifikasi di bing akan sekaligus verifikasi di yahoo. Jadi ini juga harus anda lakukan, Nah disini akan saya jelaskan tutorial singkat tentang cara verifikasi ke bing webmaster, jika anda mau yang lebih detail dan lengkap dengan gambar, silahkan klik Cara Verifikasi Blog Ke Bing Dan Yahoo Webmasters



*. Silahkan Buat terlebih dahulu akun microsoft atau hotmail.com .


Cara Membuat Akun Microsoft Dan Email Di Hotmail



*. Setelah anda punya akun hotmail, Sekarang silahkan masuk ke halaman webmaster bing, silahkan buka http://www.bing.com/webmasters



*. Nah, kemudian akan tampil halaman baru, Silahkan masuk dengan sign in

Bing Webmasters


*. Setelah anda buka alamat diatas, maka akan tampil halaman seperti berikut ini!
Bing Webmasters


Silahkan masukkan url situs anda, Url Sitemap situs/blog anda (biasanya domain/sitemap.xml) , Kemudian klik add


*. Setelah itu akan tampil halaman seperti berikut ini!

Bing Webmasters



*. Nah kalian akan di beri kode meta tag seperti meta tag pada google webmastes. Nah seperti pada cara verifikasi webmaster, lakukan saja dengan meletakkan kode html tersebut di bawah kode <head>



*. Jika meta tag nya sudah kalian pasang di template/website/blog kalian dengan benar, maka sekarang silahkan masuk kembali ke halaman verifikasi bing, kemudian klik tombol Verify.
Bing Webmasters



*. Jika semua langkah dari awal sudah dilakukan dengan benar, maka kalian akan di bawa ke halaman sukses seperti gambar di bawah ini!
Bing Webmasters
Namun jika ada kesalahan, kalian akan tetap di halaman tersebut dan akan ada notif kesalahan. Silahkan periksa kembali langkah-langkah sebelumnya...



Nah itulah cara verifikasi blog ke bing webmaster yang saya share dalam artikel ini. Bagaimana? Mudah bukan? Jika masih bingung dengan tutorial ini, silahkan baca dalam artikel terkhusus nya di Cara Verifikasi Blog Ke Bing Dan Yahoo.



Cara Verifikasi Situs Ke Webmasters Tools Lainnya

Setelah verifikasi di google dan bing webmaster, Situs blog kita sudah lumayan bagus dan tinggal menunggu hasilnya. Namun ini masih kurang maksimal, Anda perlu melakukan submit atau verifikasi ke webmaster tools lainnya. Adapun beberapa diantaranya yang tidak mungkin saya bahas semua disini adalah berikut ini beserta ling tutorialnya!



1. Verifikasi Ke Google Webmasters(Sudah)


2. Verifikasi Bing Dan Yahoo(Sudah)


3. Submit Sitemap Ke Mesin Pencari(Buka)


4. Verifikasi Dan Claim Ke Alexa(Buka)


5. Daftar Ke Feedburner(Buka)


6. Daftar Ke Google Analitycs(Buka)


7. Verifikasi Lainnya


Saya harapkan anda melakukan semua verifikasi ini demi kesuksesan blog anda nantinya.





Pemahaman dan Kesimpulan Tutorial Verifikasi Blog

Verifikasi blog ke webmaster sama artinya mendaftarkan diri sebagai karyawan di perusahaan yang mana prodi kita di perusahaan tersebut adalah topik bahasan di blog kita.Jadi tanpa verifikasi blog ke webmasters sama artinya kita menunggu pekerjaan untuk dilakukan di suatu perusahaan tanpa menjadi karyawan di perusahaan tersebut dan perusahaan tersebut pun sama sekali tidak mengenali kita, Jadi hasilnya NIHIL.



Melakukan virifikasi sangatlah di sarankan, terutama bagi anda yang ingin blog nya memiliki banyak pengunjung beda hal jika memang anda tidak butuh pengunjung atau ngeblog cuma untuk iseng saja. Verifikasi harus dilakukan dengan benar sesuai langkah-langkah yang sajikan diatas, Namun saya tidak yakin langkah-langkah di atas selalu bisa digunakan karena seiring berjalan waktu maka peraturan yang di buat masing-masing mesin pencari berubah-ubah juga.



Beda orang beda selera, beda tempat beda rasa, Beda blog beda cara. Jika anda menggunakan blog builder selain blogger dan wordpress biasanya dalam melakukan verifikasi tidak berlaku langkah-langkah diatas. Namun tidak akan jauh berbeda dan cara mengakses halaman webmaster nya tetap sama yang berbeda adalah ketika memasukkannya ke situs/blog milik kita.



Jika anda telah memverifikasi blog anda, jangan pernah menghapus tag nya karena jika anda hapus, blog anda akan kembali seperti keadaan semula dan pengindex'an akan di berhentikan bahkan halaman yang telah terindex pun akan di hapus.



Ada beberapa mesin pencari lain yang tidak butuh verifikasi untuk mengindeks artikel kita dan biasanya mesin pencari seperti ini mengambil data dari mesin pencari lain seperti search engine yahoo yang mengambil data dari Bing.



Sebenarnya ada banyak metode verifikasi, namun disini yang saya share adalah salah satu di antara semuanya dan yang menurut saya yang paling mudah. Jika anda kurang mengerti bisa melakukan cara yang lain yang mungkin akan lebih mudah untuk di fahami dan dimengerti.

Perlu anda ketahui bahwa setelah melakukan verifikasi di google maupun bing, web kita tidak akan langsung tampil di google, namun butuh waktu beberapa jam bagi mereka untuk menindex blog kita. Untuk memeriksa apakah situs kita telah terindex, anda bisa melakukan searching dengan keyword :



site:url-site-kamu



Dan perlu anda ketahui juga bahwa google dan bing berbeda dan jika url kita terindeks oleh google maka tidak selalu terindeks bing juga. Dan anda harus tahu di mesin pencari kita itu bersaing dengan berbagai situs populer lainnya. Jadi jangan pernah bermimpi jika dalam waktu singkat dan sekalipun jangka lama blog kita akan langsung berada di posisi satu google ketika ada keyword pencarian dengan keyword blog kita. Karena itu kita butuh berbagai optimasi agar bisa terindex di antaranya Optimasi On Page,Optimasi Off Page,Optimasi Mencari Backlink dan berbagai optimasi lainnya.





Penutup Langkah 3

Langkah 1 Dan 2 Harus Benar-benar sudah anda lakukan baru anda bisa melakukan langkah yang ke-3 ini. Dalam Langkah 3 ini juga saya sarankan harus anda lakukan dengan benar dan satu lagi yang harus anda ingat, Jangan membuat artikel sebelum saya perintahkan. Itupun selama anda masih mengikuti panduan ini, jika tidak, ya tidak akan jadi masalah buat saya. Dan saya harapkan sebelum kita masuk ketahap pembelajaran pembuatan artikel, Dalam minggu ini sambil melakukan tutorial yang saya berikan, cobalah untuk Mempelajari B
eberapa Kode HTML Untuk Merapikan Artikel
,Kumpulan Kode Warna HTML,Pengaturan Tag Heading H1,H2,H3 dalam artikel,Kata Terlarang Dalam Artikel, Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Cara Membuat Artikel SEO.



Seperti yang saya katakan sebelumnya, anda harus bersabar dan jangan terburu, demikian dalam langkah demi langkah yang saya berikan, anda harus selesaikan langkah sebelumnya seblum anda melanjut ke langkah seSudahnya, fikirkan matag-matang.



Baiklah, Sekian langkah 3, nantikan langkah 4 yang akan saya berikan di artikel selanjutnya. Baiklah sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya...

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

SUKA ARTIKEL INI, DAFTARKAN EMAIL ANDA UNTUK MENDAPATKAN ARTIKEL YANG MASIH TERKUNCI....)